Kamis, 15 Desember 2011

Disk Penuh tp Gak terlihat isinya

Penuh Tapi Tidak Terlihat Ada Isinya

Waw.. sudah lama sekali tidak meng-update blog ini.. :) langsung saja, kali ini saya akan membahas problem yang baru saja saya alami. Problem ini mengenai Disk (dalam kasus ini portable HDD) yang baru saja diisi data (dari komputer kantor) tapi saat dibuka di komputer lain (laptop saya) tidak ada isinya. Mungkin juga ini diakibatkan karena saat portable HDD saya cabut dari laptop, keadaan laptop sedang dalam keadaan hibernate di OS Win7Prof.
Diagnosa yang saya lakukan adalah :
  1. Pastikan bahwa explorer dapat menampilkan file-file yang ber-atribut hidden/super hidden.
  2. Karena data masih belum nampak padahal yakin itu ada datanya, saya lihat properties dari HDD tersebut.. ternyata di properties memang ada isinya.
  3. Untuk memastikan dan mencoba, akhirnya saya mencoba membuka HDD tersebut di komputer lain yang berbasis Sistem Operasi Ubuntu dengan harapan file-file itu nampak dan dapat di backup. Tapi tetap nihil.
  4. Tak putus mencoba, saya mencoba membuka kembali HDD tersebut di laptop. Saya mencoba memaksa untuk menampilkan seluruh file hidden di HDD via CMD. caranya sudah dibahas di : http://yudi.myhaley.com/blog/2009/10/turorial-un-hide-hidden-system-file-atribut-massal/ dan lagi-lagi hasilnya nihil.
Akhrinya, saya iseng :) dan alhamdulillah membuahkan hasil. Yang saya lakukan adalah mencoba me-scan HDD tersebut dan merepairnya via error-checking tools  bawaan windows (eksplorer -> klik kanan di drive tujuan -> properties -> tools -> di error checking klik "check now" -> pilih automatically fix from error (kalau ada dialog yang mengharuskan di unmount dulu, tekan Ok saja.. :D )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda pengunjung yang ke